Belajar Bahasa Prancis Dasar: Jender kata dalam bahasa prancis

Bonjour les amis!!! (red: bongzu lézami) (selamat pagi/siang/sore teman teman)

Jadi, kali ini kita akan membahas tentang jender kata atau pemberian gender pada kata. Dalam bahasa prancis ada lho, kata yang ini tu cewek, yang ini cowok.
Seperti yang kita tahu, hanya ada 2 gender yaitu cowok dan cewek. kalo cowok "Masculin" (M) (red: maskulang) dan yang cewek "Feminin" (F) (red: feminang).

Panduan cara membaca kata dalam bahasa prancis ada di postinganku sebelumnya, silakan buka link "INI"

Buat ngeliat itu F atau M, biasanya ada ciri tertentu tapi berhubung aku masih level rendah, jadi nggak begitu ngeh. Sekali lagi, aku cuma share ilmu bukan ngajar hehe mohon pencerahannya. Biasanya aku ngeliat dari F nya aja, kalo belakang kata ada huruf "e" (yang ini nggak selalu) atau "-enne" biasanya itu feminin. Udah itu aja yang aku inget haha maafkan. Contohnya kalo Jean cowok, Jeanne cewek. Paul cowok, Pauline cewek. 

Langsung aku kasih contoh aja yaaa, ini sekalian latihan bacanya juga..
Berikut ini aku kasih nama-nama orang yang kata bu guru lumayan umum di negeri eiffel sana. coba ditebak kata dibawah ini yang maskulin mana, yang feminin mana :D

TENTUKAN APAKAH INI (M) ATAU (F) BESERTA CARA MEMBACANYA
1. Annie
2. Zoé
3. B
éatrice
4. Charlotte

5. Jean
6. Paul
7. Victoire
8. Hugo
9. Clémentine
10. Pauline


JAWABAN
1. ani (F)
2. zoé (M)
3. bètris (F)
4. syarlot (F)
5. zong (M) 
6. pol (kyk baca pole) (M)
7. viktoar (M)
8. ugo (baca "i" tapi mulut bentuknya o ) (M)
9. klèmongtin (M)
10. polin (Paul and Pauline) (F)

Ini latihan ke dua dari bu guru di kelas, aku kasih link postingannya. Latihan menentukan Jender #2 

Sekian dulu pos kali ini, aku tunggu kritik dan saran serta koreksi dari reader tercinta.
jangan lupa, ikuti terus pos-pos dengan label bahasa prancis. Bon, au revoir!


Komentar

Postingan Populer