Jumat, 14 Agustus 2015

Perjuangan di PMB STIS 2015 (ii) : Psikotes

gue agak sedih sebenernya karna dari 5 orang yang ikut ujian tulis cuma gue yang lolos ke tahap 2, gue  harus berjuang tanpa ada temen dari sekolah. tapi gue ngga terlalu mikirin itu, yang penting gue fokus ke ujian tahap 2. lagian ngobrol sama peserta disana udah cukup buat gue. meskipun cuma basa-basi gitu.

ujian tahap 2 adalah psikotes. waktu pelaksanaan tanggal 30 Mei di Hotel Metro Semarang. ada 9 macem tes yang diujikan disini (wow, banyak banget ya) waktunya kira-kira 4 jam mungkin lebih. jangan lupa sarapan dulu ya sebelum ujian tulis maupun psikotes, karna setelah ujian selesai gue jamin kalian bakalan kelaparan hahaha. gue nggak inget sepenuhnya materi yang keluar waktu psikotes, ada beberapa sih yang gue inget. ada numerik, semacam hitung-hitungan dasar tapi kalian dituntut untuk mengerjakan secepatnya dan sebanyak-banyaknya. terus ada logika aritmatika, logika penalaran, logika verbal, sinonim antonim, ada juga tes WARTEGG, yaitu tes melengkapi gambar. gue masih inget yang keluar gambar ini


ada draw a man juga, kita diinstruksikan untuk menggambar orang full body dengan profesi dan dresscode nya. kemudian menggambar pohon,  dan yang terakhir EPPS. curi-curi denger dari 2 pengawas di sebelahku, tahun lalu ada tes koran pauli/kraepelin, tapi tahun ini diganti sama EPPS. jadi ada kemungkinan 50:50 apakah tahun depan pake EPPS atau Koran. untuk pengertiannya silakan search aja di google. banyak-banyak latihan, biar nggak kagok disana dan ngabisin waktu dengan percuma. psikotes ini tergantung dari diri kalian, ngga tau deh gimana cara ngakalinnya haha, mungkin bisa nyari tips-tips di internet dan improvisasi di lapangan, then see the result. kalo tips dari gue, jangan lupa bawa pensil HB dan 2B, dua-duanya dipake. buat jaga-jaga, bawa pulpen buat ngisi daftar hadir tapi biasanya udah disediain dari sana, mereka bilang takut kalo ntar peserta salah ngisi LJK pake pulpen gitu hahaha. pensil HB dipake buat gambar-gambar, dan pensil 2B nya untuk ngisi LJK. ikutin instruksi, pensil suruh diletakkan ya jangan nulis-nulis lagi, dan kalian di sini berpacu dengan waktu. manfaatkan waktu sebaik-baiknya. contoh aja EPPS, kita dikasih waktu 20 menit (itu lumayan panjang dibanding part test yg laen) untuk ngerjain 100 nomor. tiap nomor ada 2 pernyataan yang harus kalian pilih sesuai dengan kepribadian kalian, semuanya harus diisi jangan sampe ada yang terlewat. untuk yang laen bisa aja dilewatin tapi nggak dengan EPPS. dan tes ini mulainya pagi, seingetku kita disuruh datang stgh jam sebelum tes. pintu juga dibuka setengah jam sebelum tes. nah tes nya sendiri mulai jam 8. gue bangun jam 4 pagi, siap-siap dan berangkat jam 5. dari rumah sampe semarang 1,5-2 jam. gila gue ngerjain tes udah kek setengah sadar haha ngantuk bangeettt. udah resiko kalo bangun jam 4 pasti ntar jam 9 mata gue lengket kek perangko. gue berdoa, semoga Allah ngasih kelancaran dan keberhasilan buat gue.

0 komentar:

Poskan Komentar