Kamis, 13 Agustus 2015

Perjuangan di PMB STIS 2015 (i) : Ujian Tulis

Alhamdulillah, status gue sekarang maba Sekolah Tinggi Ilmu Statistika angkatan 57. gue pengen cerita perjuangan gue buat masuk kampus kedinasan ini, yang lokasinya ada di Jakarta Timur, tepatnya di Otista Raya.

jadi, perjuangan gue dimulai ketika ibu bawa pamflet STIS, dan itu pun fotokopian haha. gue baca-baca, dalam hati "oh iya ini kan kampus yang temen gue demenin",dia lebih pengen masuk ke STIS daripada STAN yang famous banget di kalangan gue. Sebut saja Mawar, eh, Beta (namanya beneran Beta). selain dari Beta sama ibu, nama STIS jadi lumayan familiar karna kakak kelas gue satu tingkat diatas ikut PMB juga, tapi gagal di psikotes. pendaftaran online mulai sebelum ujian nasional loh, jadi kalo kalian mau daftar siap-siap dulu, tahun ini mulai 2 Maret-24 April untuk yang ikatan dinas. dan ujian tulisnya tanggal 9 Mei. nah, gue coba tu daftar, meskipun sambil ngebatin nilai mat gue jelek ngapain masuk sini sih. tapi yang namanya pengen nyenengin orang tua harus usaha dong. trus buat persiapan gue beli buku soal. lucunya, gue beli buku udah mendekati ujian tulis haha, gara-gara browsing situs-situs yang berhubungan dengan STIS dan gue jadi tau kalo KOPMA (koperasi mahasiswa) STIS jualan buku soal dengan kontak perwakilan tiap provinsi. gue tadinya belajar dari soal-soal yang gue cari di internet. njiirrr nyarinya susah minta ampun, jarang emang ada yang upload lengkap, kalaupun lengkap gue harus bayar haha susah ya nyari gratisan. gue dapet lumayan banyak, dan gue terpaksa ngeprint di luar karna printer di rumah udah rusak. gila gue abis banyak banget buat ngeprint, belom kalo gue salah ngeprint soal tahun yang sama cuma beda nama gara-gara beda sumber. gue akhirnya ngehubungin perwakilan jawa tengah (gue orang kendal), tanya masih bisa pesen apa nggak, dan gue langsung kontak temen gue yang laen yang udah daftar juga. ternyata masih bisa, dan 2 temen gue nitip. gue bingung bayar pake rekening siapa, secara gue ngga punya rekening sendiri, gue langsung minta duit ibu (gue udah mulai libur, ngga punya duit) sama temen yg pesen gue tagih juga, gue bayar lewat teller hari itu juga setelah konfirmasi pemesanan takutnya keburu ujian haha. barangnya sampe sekitar seminggu sebelum ujian tulis. okay, jadi ujian tulis nya ada 3 macem, Matematika, Bahasa Inggris, dan Pengetahuan Umum. sistemnya jawaban benar nilainya  4, salah -1, kosong 0. gue bertekad dalam hati, gue harus fokus di bahasa inggris sama PU nya hahaha. soal bahasa inggris sama PU udah gue kerjain semua paketnya. alamak sisa 2 hari hahahaha  dari 2 hari itu gue ngerjain matematika cuma 2 paket, itupun banyak yang salah :') sudahlah. gue berangkat pake mobilnya si Beta, barengan sama Ulin dan Daniesh, juga keluarganya Beta yang kebetulan ada perlu di Semarang. SMA kita yang ikut ujian tulis cuma 5 orang :') rombongan gue ditambah Fella yg berangkat terpisah. lokasi ujian gue di GOR Jatidiri Semarang. waktu itu GOR penuh, gue ngerjainnya ya panas dingin gitu haha gue dapet bagian tribun, ngga ada mejanya :') Matematika 90 menit, Bahasa Inggris 60 menit, PU 60 menit. tingkat kesulitannya mungkin mirip kayak SBMPTN. tapi jangan pernah yang namanya ngremehin soal SBMPTN, elu elu yang otaknya pas-pasan kaya gue harus kerja ekstra keras buat bisa lolos SBMPTN. back to the topic, selesai ngerjain leher gue kek ditimpa haha berat, tapi it's ok lah :) not a big problem. pulang dari situ kita sholat sambil istirahat di mesjid baiturrahman simpang lima, trus iseng diajak jalan-jalan ke mall sama 2 mas nya si Beta. deket, tinggal nyebrang aja. dan gue lupa bawa dompet :') di situ cuma jalan-jalan, dan kita misah gitu. bingung mau jajan tapi gue sama Beta ngga bawa dompet, mas-mas nya gatau dimana, Ulin sama Daniesh di simpang lima, capek mau duduk tapi ngga ada kursi hahaha :") akhirnya telfon si mas, katanya di lantai paling atas. trus kita bilang mau nunggu di bawah. sampe di bawah kita kek orang ilang nungguin lamaa banget. setelah perdebatan dan pertentangan hati yang cukup sengit, kita naek lagi, nyari lagi. setelah capek nyari tapi ngga nemu, gara-gara kita saling bingung satu sama lain krn clue yang kita kasih ke mas nya dan yg mas kasih ke kita, ngga bisa dipahamin hahaha. akhirnya gue sama Beta turun lagi, karna mas nya bilang mau turun dan kita nunggu diluar mall. lama juga ini nunggunya. karna hari udah sore, kita balik ke mobil (parkir di mesjid) kali aja si mas udah turun daritadi lewat pintu laen. ternyata belom hahaha :') pucuk dicinta ulam pun tiba, ternyata mereka nyasar :') nyari bagian sepatu tapi ngga nemu-nemu, dan akhirnya muter-muter gajelas. sebelum mampir dulu ni ke gramedia pandanaran beli buku yg tebelnya 460 halaman hahahaha. trus pulang deh. yaappp agak ngga jelas gini yang penting ngasih info hahaha. semoga bermanfaat.

0 komentar:

Poskan Komentar