Kamis, 25 Februari 2016

Bela Negara STIS 57 : Latihan Militer Ringan, Banyak Manfaat


Bela negara oh bela negara. Oke, kampus gue tercinta Sekolah Tinggi Ilmu Statistika
adalah
salah satu kampus kedinasan yang nyelenggarain pendidikan dan latihan
Bela Negara dalam rangkaian kegiatanMasa Pengenalan dan Pembentukan
Karakter (MP2K), bisa dibilang ospek. Angkatan gue adalah angkatan ketiga
yang mengikuti Bela Negara. Baru angkatan 55,56,57 gitu deh ya,
sebelumnya namanya outbond bukan Bela Negara. Gue angkatan 57 yang
masih fresh, unyu, dan siap dibentuk. #eaaa
. Sebelumnya maaf kalo berantakan, karna gue nulis dari word dikopi ke sini jadi berantakan susunannya. udah diedit berkali-kali tapi masih berantakan juga, karna faktor desain blog juga sih. kembali ke laptop, Rangkaian kegiatan MP2K ini bisa dibilang sebulan penuh. Bela Negara angkatan 57 dibagi jadi 2 gelombang,
dan gue dapet gelombang 2. Selama 5 hari gue digembleng sama pelatih-pelatih dari TNI AD, lebih tepatnya dari Batalyon Artileri Medan 10 Kostrad di Bogor.
Kalo tahun lalu, BN 7 hari. Gue bangga, bisa dilatih sama pasukan elit nomer

dua setelah Kopassus. Persenjataannya paling maju dibandingin sama batalyon laen.
Mereka punya roket Astros II dan yang punya cuma Brazil sama Indo.
Negara-negara laen cuma ada Astros I.
Mulai sekarang disingkat BN aja ya.
BN ini meskipun ada dalam rangkaian kegiatan MP2K tapi acaranya full TNI yang pegang.
Ini bukan dari panitia MP2K, panitia cuma monitoring kegiatan BN. Gue disini mau cerita keseruan BN Mahasiswa STIS
angkatan 57 Gelombang 2, terlepas dari keseruan2 berbeda yang ada di gelombang 1. poin poinnya aja sih soalnya banyak banget, ini biar gue inget lagi kenangan gue waktu BN. suatu hari waktu gue lagi kerja, iseng buka blog dan baca ini lagi, kemudian baper, aih :'D back to the topic, Belom tentu tahun depan

perlakuannya sama kaya angkatan gue sekarang. Gelombang satu sama dua aja udah beda.
Dan belom tentu juga tempat BN tahun depan di yonarmed 10 lagi, karena dari 3 tahun BN,

tempatnya beda semua. Gue berangkat tanggal 18 September 2015 sore hari, gue lupa jam berapa,
sampe Bogor jam setengah 6 dan hawanya kek di
kampung halaman, sejuk nggak terlalu dingin.Tiba-tiba gue baper :’) inget rumah.Nyampe disana kita langsung disuruh lari ke barak masing masing beres-beres dan mandi. Malemnya kita apel malem,
dan dibacain tata tertib sama hal-hal laen yang dilarang, etiket ngelakuin ini, itu, macaem-macem lah pokoknya.

Hari pertama, 19 September 2015
Kami Anak Didik Yonarmed 10 (selama 5 hari hehe)
Upacara pembukaan banyak yang tumbang, kegiatan hari pertama bener-bener nguras tenaga.
Kami diajak keliling satuan sambil nyanyi lagu yang udah diajarin malem pas kami dateng.
Sambil jalan muter kompleks TNI, kami dikit-dikit push up, merayap, merangkak, jalan jongkok.
Bahkan setelah upacara pembukaan kami langsung jalan jongkok,

lompat kodok, push up, tiarap, dan lain-lain. Mati dah lu -_- Kegiatan lanjut terus,
kita dapet pelajaran PBB dan yang bikin susah adalah PBB kami selama ini ikut gaya Paskibraka yang
mengadaptasi PBB marinir karena bentuknya bagus dan kalo gue bilang lebih patah patah
, lebih rapi, lebih cool :v
 sedangkan TNI nggak pake itu, jadi kami salah terus. Kami nggak boleh niru gaya paskibraka, harus ala TNI AD.
Tapi bagusnya gue jadi tau sejarahnya kenapa TNI AD gaya PBB nya beda sama paskibra.
Dulu, gue kira karna faktor umur, petugas upacara 17 Agustus biasanya kan TNI AD
nah mereka rata-rata udah 35 ke atas, ternyata emang gaya mereka kaya gitu.
Materi hari itu PBB malemnya navrat (navigasi darat) dengan pemateri Sertu Gunawan.Yah begitulah, kegiatan kita sampe malem. Gue kira setelah kami disuruh tiduran di lantai ruang kelas (Garasi) sambil diajarin nyanyi, kegiatannya udah mo selesai.
Ternyata masih ada tindakan -_- tindakan itu evaluasi, kalo kita salah kita kena tindakan seperti push up, jongkok berdiri,
dan kalo kita bagus kita dapet reward. Itu akumulasi pelanggaran dan prestasi dalam sehari.
Malem-malem kita dievaluasi, kita tidur jam 12 padahal jam malemnya jam 10 hiks.

Danton pleton gue sampe ngasih motto “Waktu Adalah Tindakan” hahaha. Sebenernya hari itu asik, tapi kalo fisik gue kaya gini, duh gimana ya .
Yang gue permasalahin disini cuma fisik gue kurang cetar hiks, karna gue seorang pejuang hayu lah jalan terus haha.

Hari Ke-2, 20 September 2015
Horeee Jam Kantin
Materi hari kedua adalah PBB dan longmalap (Pertolongan Pertama di Lapangan) dengan pemateri Serka Dwi YK, kita dikenalin sama yang namanya
Resusitasi Jantung Pulmoner (RJP) bahasa kecenya CPR gitu. Jadi tiap pagi ada senam, pake celana training dan kaos item lengan panjang.
Setelah senam biasanya makan pagi.
Hari kedua ini kami ada games ngapalin nama temen satu pleton dengan mengurutkan namanya. Hadiahnya fanta dingin satu botol gede.

Bahagianya kami dapet hadiah hahaha. Siangnya kami dapet jam kantin, yeeeeyyyy. Kami kira jam kantin cuma malem jam 10 sampe jam 11.
Padahal kemaren aja tindakannya selese jam 11 jadi merasa ngga ada harapan buat dapet jam kantin.

Tapi kami salah, hari kedua agak longgar, pagi-pagi kita dibolehin ke kantin yg udah ditentuin selama setengah jam.
Kami bisa jajan sambil ngobrolin yel-yel, ngobrol sama temen pleton. Dan seperti biasa malem sebelum tidur kami ditindak.
Tiap malem kita ada giliran jaga serambi.
Aku dapet jam 00.00-01.00. Dan paginya dadaku sesek, gelisah, biasalah sensasi orang begadang suka kaya gitu. 
dan ketika dipacu buat latian fisik rasanya.... Hmm..

Hari Ke-3, 21 September 2015
Ujan! Tindakan! Alergi!
Seperti biasa, sarapan pagi pake materi PBB. Selain PBB, materinya Wawasan Nusantara dengan pemateri Lettu Imam Sunandar.
Dan ada jam kantin lagiiiii hore hore hore.

Abis PBB kami disuruh ke kantin, trus disuruh duduk di kebon pinggir lapangan. Lumayan, bisa ngobrol sama temen-temen di tempat adem.
Hari itu dosen dateng mantau kita,
ditanyain gimana keadaannya, aer gimana, makanan gimana. Di barak gue cuma masalah aer doang sih, yang laen udah cuco punya haha.
Masalah makan, tau sendiri lah, pake hitungan hahaha.
Kata danton gue kalo makan di ruang belajar
 (makan rame-rame) jangan dirasain, yang penting masuk.
Kalo ada kuahnya mah hayu aja, ini lauknya kering semua haha.

Jadi makannya harus didorong pake aer. Paling enak kalo makan siang. Ada kuahnya, ada buahnya, aseekkk merdeka banget.
Ada lagi extra fooding di antara makan pagi ke siang dan antara siang ke malem.
Dan kalian tau? Makannya disuapin hahaha. Kita duduk berhadapan sama cowok, trus kita harus suap-suapan,

nggak boleh makan punya sendiri. Kurang so sweet apa coba, haha,
Itu sebagai perumpamaan kalo temen kita ada yang sakit kita jangan malu jangan jijik buat ngrawat, nyuapin.
Lumayan yang jomblo ada yang nyuapin hahaha.

Makanannya enak-enak, tapi kalo namanya ngga nafsu makan pasti apapun ngga enak.
Alhamdulillah gue waktu itu lagi tinggi nafsu makannya, jadi gue yang bantuin temen-temen ngabisin makanannya hahaha
gue ga pernah sekalipun dibantuin buat ngabisin makanan. Gue hebat kan? Haha. Hari ketiga ini ujan cuuuyyyy,
kalo boleh bilang, hawanya jadi enak, adem gitu. Tapi abis itu dingin banget. Dan gue alergi dingin, gimana coba?

Gue batuk parah. Sebenernya gue batuk udah semenjak sebelum berangkat BN, tapi cuma ehem ehem doang kalo kena dingin. Hari ke-3 BN
gue ga reda-reda dari pagi sampe malem.  Apalagi pas malem, 
suaranya ganggu banget. Akhirnya gue disuruh sama pelatih buat balik ke barak, dan dipinjemin jaket sama kaka tingkat (gausah sebut nama ya hehe)
suara gue ilang, dan batuk lanjut terus.
Ga enak juga sih sama temen temen, soalnya malem itu tindakannya lumayan parah,
dan aku di barak sama kakak PP, ngobrol ngobrol haha -_- maapin yeee

Hari Ke-4, 22 September 2015
H-1 Pulang Ke Jakarta
Yahh, besok pulang ya? Seneng iya, sedih juga iya. Hari ke empat kami makin deket sama temen-temen, dan juga pelatih. Rasanya pengen BN lagi. Hari ini puncak acara BN,
malem hari kita ada jurit malem, dan sore hari kita dikasih pengarahan.
Hari ini ada jam kantin juga loohhhh hehehe. Seneng banget ada jam kantin hampir setiap hari.
Meskipun bentar tapi tetep seneng bisa jajan bareng sama temen-temen. Dan waktu makan siang kami kena bahaya udara haha.
Tiap hari pelatih David ngingetin kalo makan harus cepet, nanti kalo ada serangan udara. 
Dan di hari keempat ini baru ada serangan udara.
Kami langsung sembunyi di bawah kursi, dan lucu karna ruang kaki buat duduk aja udah sempit apalagi buat jongkok dan nyembunyiin kepala?
Alhasil kursi-kursi diangkat dan ditaro diatas kepala hahaha,
yang penting kepalanya di bawah kursi kata pelatih David. (ini pelatih suka ngaco juga ni) 
Sambil dikasih simulasi belanda lagi naek pesawat sweeping sana sini
kita malah ketawa-ketawa karna lucu liat cara temen temen. Jurit malem nya kalo kata gue biasa aja sih, di kompleks soalnya,
meskipun lewat kuburan dan dijatohin pocong pocongan biasa aja buat gue, jarak posnya deket-deket haha.
Coba di pramuka, jarak posnya jauh, di perkebunan pula. Kalo banyak yang kesurupan atau ketempelan jangan kaget kalo di pramuka hahaha.
Gue jurit malem pake jaket karna takut kambuh, dan gue minta agak di awal supaya ngga dapet yang jam 12,
jam segitu biasanya alergi gue udah kambuh. Kalo dibandingin, jalan malem di awal sama akhir lebih serem di awal.
Mungkin karna keterbatasan waktu jadi jarak peserta jurit yang akhir deket-deket, dan berdua. Setelah jurit malem, kita ada acara api unggun sampe jam 2. Pulang ke barak bersih-bersih dan lain-lain sampe jam 3 lebih. Biasanya jam segitu kami udah bangun, mulai antrian mandi,
karna aer sering mati. Tapi pagi itu aer mati jadi kami mutusin buat mandi subuh aja. Dan kita balik tidur lagi.

Hari Ke-5, 23 Septermber 2015
Perpisahan ini bukanlah akhir.
Waktunya kami pisah, makan pagi terakhir kami di yonarmed 10 berjalan dengan khidmat cieilahhh.
Makan pagi santai, sambil dengerin wejangan pelatih Jody, entah pelatih yang laen uda bangun apa belom karna cuma ada pelatih Jody disitu.
Sebenernya waktu kumpul kami setengah 7, tapi karna kebiasaan kumpul jam 5 buat senam pagi, kami jadi kumpul pagian.
Tibalah waktu upacara penutupan. Setelah upacara kami foto-foto. Yang punya foto cuma pelatih dan HPD mp2k.
Dan kita ngga bisa minta kalo ngga diposting Senat Mahasiswa STIS di instagram. Yang bisa kami minta cuma yang dari pelatih.
Yang penting ada foto meskipun cuma satu. Pulangnya pleton kami minta jadi satu di mobil TNI. Kami agak sedih sebenernya.
Dan temen gue yang mukanya mirip anaknya pelatih Darsono tiba-tiba nangis, dan jadilah kita semobil nangis semua.
Padahal mobil laen biasa aja. Baper ih -_- tapi gue juga sedih sih, dan gue juga ikutan nangis hahaha. Pelatih Darsono naek ke mobil duduk sama temen-temen, sedangkan danton kami pelatih Nur di depan sama supir. Di jalan kami dikasih liat foto anaknya pelatih Darsono. Dan mirip beneran -_- putih, sipit haha. 

Oh iya, selama BN ada banyak hiburan dan intermezzo apalagi waktu makan dan waktu habis PBB.
Jadi ada temen kami yang miriiippp banget sama ibu kantin namanya Bu Tarmin.
Dari bentuk badannya yang bulet haha, potongan rambut yang sama, sampe muka-muka pun mirip.
Ada juga parodi panglima dan anak buah. Temen kami ada yang dipilih jadi panglima kecil karna ketahuan nangis waktu BN hari kedua. 
Dia dikasih tongkat dan harus dipegang terus ala-ala panglima.Ada juga wakil panglima atau wapang,
sekretaris dan provoost dengan tugasnya masing-masing. Pelatih Darsono selalu ada di belakang panglima dan bisikin apa yang harus panglima katakan ke semua orang.
Bisa dibilang panglima dan anak buah adalah bonekanya pelatih Darsono.
Sering banget kata-kata itu lucu, misalnya. “siswa! Kalian jangan manja! Jangan nangis, kaya saya!” bayangin aja deh situasinya. hahaha. 
Yang mimpin doa sebelum dan sesudah makan, ngasih laporan pelaksanaan,
adalah provoost. Sekretaris dan wapang juga bantuin tugas-tugas panglima.
Panglima kecil namanya Okta, Wapang Yasmin panggilannya Gayus Tertimbun,
Sekretaris namanya Vian panggilannya Shinchan,Alisnya tebel men haha.Provoost namanya Jody.
Mereka harus akting seakan-akan mereka TNI beneran, lucu banget.
Ada juga waktu provoost mimpin doa, dia harus laporan sama pohon. Kembaran
Bu Tarmin juga pernah disuruh mimpin doa dan laporannya sama tembok, bukan sama panglima.
Itu hiburan kami sehari-hari. Mereka punya lagu masing-masing nih:

Wapang: hitam kulit, keriting rambut, aku papua.
Provoost: kepala botak, senyumuku manis, aku nabire.
Sekretaris: Alis tebal, leherku panjang, aku NTT
Panglima: muka merah, tetaplah ganteng, aku panglima.

Waktu gue tanya gelombang satu katanya ngga ada parodi panglima. Beruntung banget dapet gelombang dua, haha.
Intinya, kegiatan Bela Negara itu ngga berat kalo kalian jalanin dengan semangat.
Ini jauh lebih ringan dari pendidikan TNI yang sebenernya. 
Kondisi fisik paling penting, jangan sampe kalian sakit, karna bakalan repot banget.
Mau jurit malam dalam keadaan sakit? Makan, PBB, tindakan dan dalam keadaan sakit, emang enak gitu?ngga kan?
Kalian bakal dikatain sama TNI nya, pura-pura lah, gak malu ninggalin temen lah, apa lah.
Jangan lupa biasain makan cepet, karna waktu BN makannya cepet dan dihitung, tambah anceman serangan udara pula haha.
Awal-awal seret, kekenyangan, lama-lama nagih hahaha. Kegiatan BN gue asik bangetttt, sayang harus pisah sama pelatih-pelatih yang keren itu. tapi makasih, cukup sekali aja, haha belom siap kalo disuruh ikut latihan militer lagi.Malem waktu kami dateng, kami langsung diajarin lagu-lagu, dan favorit gue adalah lagu STIS Beraksi.

STIS beraksi, walau panas terik matahari
Berjuta kali STIS beraksi, bagiku itu langkah pasti
Hari-hari esok adalah milik kita
STIS kebanggaan bersama
Gegap Gembira bersama-sama
Yang selalu semangat 55,
Marilah kawan mari kita nyanyikan sebuah lagu, lagu kemenangan (2x)

Sebenernya pengen cerita juga pengalaman selama MP2K, tapi kayanya ngga surprise kalo gue ceritain juga haha,
cukup BN aja :D makasih pelatih Jody yang baik dan perhatian sama kami,
Pelatih Nur yang ngajarin lagu-lagu termasuk favorit gue otobemo (nggak termasuk tindakannya yaaa),
Pelatih David yang gaje tapi lucu, Pelatih Putu yang (kadang galak) rajin bawa tongkat pas hari pertama,
dan yang selalu manggil “Jambi, Jambi,” temen gue dari Jambi yang mirip sama
anaknya pelatih Darsono(pelatih putu yang ditaksir sama temen satu kelompok gue) 
trus Pelatih Imam Danki kompi 1, Pelatih Argo Danki kompi kami kompi 2 yang cakep dan berkharisma haha,
Pelatih Darsono yang mencairkan suasana, yah meskipun yang rajin nindak itu pelatih Darsono
sama Pelatih Nur tapi tetep makasih lah buat ilmunya. Trus makasih juga Pelatih Edo Sugar yang manisnya kaya gula,
Pelatih Gunawan yang juga manis (item-item soalnya, yang putih pelatih david doang haha) 
udah deh semuanya lu bilang cakep aja biar rata -_-

Dengan adanya BN ini kami jadi kenal satu sama lain (meskipun banyak kenal yang kloter 2 doang haha), kami jadi lebih kompak, lebih menghargai teman, menghargai waktu (yang ini suka naik turun kualitasnya), bekerja keras, tahan banting, dan juga ilmu-ilmu yang tidak kami dapatkan di tempat lain
Kami datang sebagai kucing, pulang jadi kucing plus (OTW jadi macan).
Terima kasih buat semua pelatih dan pendukungnya atas ilmu yang telah diberikan. BN kami cetar membahana.

0 komentar:

Poskan Komentar